Monday, September 17, 2018

Kota Malang

Lokasi Foto Terbaik Di Malang







Kota Malang  adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa TimurIndonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini  terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya..Kota Malang dikenal sebagai kota pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Selain itu, kota ini merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan serta udaranya yang sejuk. Malang pun terkenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota. Kota Malang juga merupakan kota seni karena banyaknya kesenian khas dari kota ini, mulai dari tarian hingga pertunjukan.


Kebudayaan Kota Malang


Kekayaan etnis dan budaya yang dimiliki Kota Malang berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. Salah satunya yang terkenal adalah Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang), namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan tiga budaya (Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger). Hal tersebut terjadi karena Malang memiliki tiga sub-kultur, yaitu sub-kultur budaya Jawa Tengahan yang hidup di lereng gunung Kawi, sub-kultur Madura di lereng gunung Arjuna, dan sub-kultur Tengger sisa budaya Majapahit di lereng gunung Bromo-Semeru. Etnik masyarakat Malang terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada Malang.

Tari Topeng Malangan 
Image result for tari topeng malangan
“Tari Topeng Malang” dapat diartikan sebagai gerakan badan yang berirama dengan diiringi bunyi-bunyian dengan menggunakan penutup muka yang menyerupai muka orang. Tari ini murni berasal dari Malang.


CIRI KHAS KOTA MALANG

Bahasa Walikan 

Bahasa Walikan Malang berasal dari pemikiran para pejuang tempo doeloe yaitu kelompok Gerilya Rakyat Kota (GRK). Bahasa khusus ini dianggap perlu untuk menjamin kerahasiaan, efektifitas komunikasi sesama pejuang selain juga sebagai pengenal identitas kawan atau lawan.

Kripik Tempe Malang
Image result for kripik tempe malang
Produk tempe dari Kota Malang memang sudah diakui memiliki kelezatan yang berbeda dengan produk tempe dari daerah lain. Perbedaan tersebut terletak pada bahan dasar kedelai yang digunakan. Bagaimana Tempe yang menjadi ciri khas Kota Malang ini? Tempe Malang diproduksi dari bahan kedelai Import, sehingga berpengaruh tehadap hasil tempe yang terbentuk dengan baik dan rasa yang lebih lezat dari tempe daerah lain.

Sari Apel Malang
Image result for sari apel malang

Sari Apel Malang, memang hampir semua sudah mengenal produk ini. Menjadi salah satu produk yang unik hingga menjadi ciri khas Kota Malang. Seperti yang diketahui bahwa Buah Apel merupakan buah khas yang berada di Daerah Malang, dan bahkan menjadi ikon bagi Kota Malang dan Kota Batu. Sari apel mulai diproduksi tahun 2000 dan mendapat sambutan yang sangat baik dari konsumen, sehingga langsung dikenal oleh masyarakat baik dalam maupun luar Malang.


Itu saja tentang kotaku, jangan lupa mampir ya !!!!!!


0 comments:

Post a Comment